Sabtu, 09 April 2011

Fakta Orang Kidal & Penyebabnya

















Sebenernya ane seh bukan orang kidal, tapi gak tau kenapa lagi keingetan aja ama sebuah kata yaitu “kidal”!!!. Apa mungkin gara-gara ane abis liat kadal truz jadi keingetan ama kidal?!!!!

Mo sharing aja ama agan semua tentang asal muasal penyebab seseorang bisa menjadi orang kidal dari artikel yang pernah ane baca….

Kidal adalah kecenderungan untuk menggunakan anggota tubuh sebelah kiri ketimbang yang kanan, dan bukanlah suatu kecacatan. Ia tidak lebih dari dominasi fungsi belahan otak yang berbeda dari kebanyakan orang. Dalam hal ini perlu dibedakan antara kidal sebagai bawaan dengan yang disebabkan oleh penyakit pada otak (misalnya ensefalitas).

Kidal atau tidaknya seseorang ditentukan oleh bagian otak sebelah mana yang lebih cepat berkembang. Jika otak kiri (dan kebanyakan orang memang begitu), maka orang tersebut tidak kidal. tetapi jika otak kanan yang berkembang, maka orang tersebut akan kidal.

Menurut para peneliti bahwa, alasan kita kidal disebabkan karena kekurangan pasokan oksigen (O2) ke otak dalam kandungan. Dan bayi kembar akan memiliki peluang menjadi kidal lebih besar. Karena harus berbagi oksigen (O2) dengan saudara nya.

Dan menurut Psikiater RSUD dr Soetomo, bagian otak kanan orang kidal lebih dominan. Cara berpikir mereka lebih mengandalkan emosi dan perasaan. Mereka juga cenderung suka musik. 'Makanya, emotional quotion (EQ) orang kidal biasanya lebih bagus. Dia bisa mengambil keputusan dengan bijak dan kreatif'.


FAKTA ORANG KIDAL:
1. Kira-kira 8–15% dari penduduk dewasa adalah kidal.
2. Tangan kidal lebih umum ditemukan di kalangan laki-laki daripada perempuan.
3. Tangan kidal lebih sering muncul di kalangan kembar identik.
4. Barrack Obama, Albert Einstein, Harry S.Trauman, Ronald Reagen adalah tokoh terkenal yang kidal.

Dan yang eni, ane gak tau fakta atawa bukan nech. Katanya kalo di jepang, seorang pria akan lebih memilih wanita yang bukan kidal. Jika si pria ini baru mengetahui bahwa istrinya bertangan kidal, bisa-bisa wanita ini akan diceraikannya. Weeww..sadis…


Waduuuhhhh….ane jadi mo belajar jadi orang kidal…biar kayak eyang Einstein dan oM obama…. ;)

Buat agan smua yang pernah punya pengalaman dengan orang kidal, atawa emang agan sendiri udah kidal, boleh di share di sini donk…..than’x

UPDATE, TEST KEKIDALAN KITA!!!, Check Spoiler!!!!

Spoiler for TEST KEKIDALAN KITA!!!

Quote:
Original Posted By Super_Newbie
Akhir-akhir ini saya sering heran dengan beberapa orang yang mengatakan bahwa saya adalah orang kidal. Memang dalam beberapa hal saya bisa menggunakan dua tangan saya secara bergantian. Untuk beberapa hal tertentu memang saya gunakan tangan kiri, seperti cebok, menyapu, mengepel dan beberapa hal lain.
Untuk kondisi seimbang yang dapat dilakukan bergantian adalah : menyapu, mengecat, mengetik, berbengkel seperti menggergaji, memutar obeng, dan beberapa hal lainnya.

Namun secara umum, saya labih cenderung bertangan kanan (orthodox style).

Berikut terdapat testing untuk kekidalan kita:

1. Bayangkan punggung kita gatal. Tangan manakah yang akan menggaruk duluan secara spontan (saya kiri)
2. Gabungkan jari-jari anda seperti kaum kristiani berdoa. Ibu jari yang manakah yang terletak paling dekat dengan badan kita/paling atas? (saya kiri)
3. Bertepuk tanganlah dalam keadaan yang tidak vertikal. Tangan manakah yang ada di atas? (saya kanan)
4. Berikan isyarat pada teman anda yang ada di depan anda dengan kedipan satu mata. Mata manakah yang akan berkedip secara spontan? (saya kiri)
5. Letakkan kedua tangan anda di belakang punggung bertumpukan. Tangan manakah yang akan menutup tangan lainnya (saya kanan)
6. Seseorang berbicara di depan anda. Dan anda tidak mendengar karena terlalu kecil volume suaranya. Telinga manakah yang akan anda ajukan untuk mencari kejelasan suara? (saya kiri)
7. Berhitunglah dengan jari anda, satu sampai tiga. Gunakan telunjuk tangan yang lain untuk menunjuki hitungan. Telunjuk mana yang anda gunakan untuk menghitungnya? (jelas kanan)
8. Miringkan kepala anda ke salah satu bahuu. Bahu manakah yang akan anda pakai untuk tumpuan kepala itu? (kanan)
9. Carilah object yang jauh dan kecil. Tunjukilah dengan tangan anda, kemudian tutuplah satu mata anda. Tukar mata yang tertutup dengan yang semua terbuka. Mata manakah yang terbuka ketika jari kita sedikit bergerak menentukan kembali target? (Ketika mata yang tidak dominan terbuka dan yang dominan tertutup, jari akan tampak bergerak ke sebelah object yang telah tertunjuk) (kanan)
10. Lipatlah bahu kita ke depan. Bahu manakah yang akan bergerak kedepan? (kanan)

saya 6 vs 4 (orthodox)

Lihatlah gambar dibawah ini:


















TEST:

Jawablah satu persatu, dari nomer satu hingga terakhir. Apakah anda dapat menjawab dengan cepat, menggunakan tangan manakah itu?

Seorang ber-dominan kanan akan kesulitan menjawab dan akan mencoba dengan tangannya. Seorang ber-dominan kidal akan cepat menjawab. Karena seorang kidal cenderung cepat mendefinisikan arah.

Saya? (9 vs 8)
orthodox alias kanan


Lihat juga gambar dibawah ini:


















Kecenderungan orang kidal akan melihat segitiga putih daripada yang hitam.. Saya? Keliatan semuanya..

sumber : kaskus.us

1 komentar:

bagaimana kalo ingin tahu saya ambidextrodus?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More